Monday, July 6, 2009

:: Saya, Aku, Ane, Gw atau Beta? Membingungkan ::

Terkadang aku bingung, kalimat apa yang harus aku gunakan untuk menunjukkan subjek kalimat dalam tulisanku di kolom 'catatan harian'. Saking bingungnya, terhitung udah tiga kali aku menggonta-ganti kata-kata yang ada di Description blog-ku.

Pertama, isinya adalah "Sebongkah perjalanan singkat", untuk memilih kalimat ini saja, aku memerlukan banyak perenungan; pasalnya aku harus pintar-pitar dalam memilih kalimat apa yang cocok aku isi dalam Description blog-ku, sehingga jika ada orang yang kebetulan tersesat (he..he) mampir di blog-ku terpintas terbaca dalam fikirannya isi muatan global yang ada di blog aku ini dan secara eksplisit dapat tergambar bagaimana watak Si Bloger.


kedua, hampir persis dengan kalimat sebelumnya, hanya ada perubahan pada kata terakhir yaitu "Sebongkah Perjalan Hidup". Dalam perubahan kalimat ini, sebenarnya aku harus berterima kasih kepada my friend Mr. Irfan Prima Putra (yang juga sama2 baru membuat blog), yang karena jasanya memberikan kritik kepada-ku untuk mengubah kalimat Description dalam blog-ku.

ketiga, yaa..seperti yang kamu lihat sekarang ini "Ruang BeTa Bicara". Mau tau alasannya kenapa?

pertama, ini blog adalah ruang pribadi aku untuk bercurhat ria, bebas, gak ada yang ngelarang ataupun maksa. Aku bisa bebas bercurhat, mengexpresikan gejolak jiwaku yang terkadang gak stabil karena banyak faktor, seperti faktor lingkungan, pergaulan dan kondisi jiwa.

kedua, terletak pada kata "BeTa". Nah ini yang aku ingin sampaikan dalam tulisan kali ini. Jujur aja, sebenarnya, aku gak leluasa ketika setiap kali menyebutkan kata "AKU" yang menunjukkan subjek kalimat, kadang risih, jijai (kalau istilah orang Medan, artinya jijik), segan dan agak bernuansa manja.

Wallahu'alam mengapa aku merasa seperti ini, apa karena kultur aku yang ke-timuran-an, jadinya tidak asyik ketika mengucapkannya, atau hanya sekedar ingin sensasi baru. Tapi al kulli hal, kata-kata subject apa saja yang aku gunakan, yang penting itu bisa membuat aku leluasa dalam meng-expresikan kegelisahan, kegembiraan dan kemarahan diriku.

Aku, Saya, ane dan Beta...atau apalah, yang penting asyik. Tapi kalau mau jujur, Kayaknya kata "beta" yang lebih asyik dech untuk Beta ucapkan ....(iyakan benar, beta lebih asyik he2).

Untuk mengakhiri tulisan ini, Beta tutup dengan penggalan lagu nasional.

"Rasa sayang he..rasa sayang sayang he..
Beta bilang dari jauh rasa sayang sayang he.."

2 comments:

  1. Aku, Beta dan Saya diakui dalam Bahasa Indonesia sebagai kata ganti orang pertama/ orang yang berbicara. Saya dulu jug pernah merasa risih ketika menulis dengan "aku". Namun setelah beberapa waktu rasa risih itu hilang dengan sendirinya karena sering digunakan. Teringat pelajaran guru Bhs. Indonesia dulu,"kata ganti Aku digunakan agar lebih dekat dan lebih akrab..." Kalau "saya" untuk bahasa yang lebih sopan. Sedangkan "beta" kebanyakan digunakan di wilayah Indonesia Timur dan beberapa bahasa sastra juga lirik lagu lama. Jadi masing-masing punya perannya sendiri. Makanya saya sering sebel kalau lihat artis ber-aku-aku ditelivisi secara overdosis. Narsis bener!
    Satu lagi, "Aku" adalah judul puisi Chairil Anwar yang paling masyhur. :)

    Terus nge-blog Elman!!

    ReplyDelete
  2. Syukran Mas Ical motivasi nulisnya, komentar antum bisa saya rasakan hasilY akhir2 ini setelah sering menulis kalimat2 curhat. kata "aku" Emang benar, klu dibiasakan akan bisa menghilangkan rasa kaku atau risih dalam penyebutan sebuah kata.

    Tapi di satu sisi, saya ingin jadikan blog ini (khusunya pada "catatan harian" yg isinya tentang curhatan hati yg sedang dirasakan atau kejadian yg baru disaksikan)penggunaan kaliamat ganti subjek dengan "beta".

    alasan 1: background saya orang timur, ingin meng-ekspresikan budaya bhs timur.
    2: tulisan yg bernuasa curhat pribadi, biasanya ditulis dengan kata2 santai seperti halnya kita berbicara dengan teman, hanya bedanya, kita tumpahkan curhat kita ke dalam kertas.
    3: ingin ada karakteristik blog.

    sekalai lg syukran atas komentarY, mohon koreksinya lagi Mas Ical !!

    ReplyDelete

.:: Thanks your Comment on me !